Enhancing Learning Motivation of Special Needs Children through Arts and Skills Approaches

Main Article Content

Jihan Juliandari
Wahidah Fitriani
Putri Yeni
Chenda Dara

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam kehidupan anak, yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan melalui pembelajaran di kelas. Motivasi adalah faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan, yang secara signifikan mempengaruhi kinerja siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Di Indonesia, kebijakan pendidikan inklusif memastikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana keterampilan kreatif dapat meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Pagaruyung. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengamati interaksi kelas dan mewawancarai guru untuk memahami metode dan tantangan pengajaran yang efektif. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan kreatif, seperti kerajinan tangan dan puisi, secara signifikan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri pada siswa berkebutuhan khusus. Guru memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan memelihara bakat siswa melalui dukungan berkelanjutan dan penguatan positif. Studi ini menekankan pentingnya pendekatan pengajaran yang inovatif dan lingkungan belajar yang mendukung dalam menumbuhkan motivasi dan pertumbuhan pribadi di antara anak-anak berkebutuhan khusus. Wawasan ini berkontribusi untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk pendidikan inklusif, memastikan semua anak dapat mencapai potensi penuh mereka.

Article Details

How to Cite
Juliandari, J., Fitriani, W., Yeni, P., & Dara, . C. (2025). Enhancing Learning Motivation of Special Needs Children through Arts and Skills Approaches. Darussalam: Journal of Psychology and Educational, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.70363/djpe.v3i1.186
Section
Articles

References

Atma, B. A., Azahra, F. F., & Mustadi, A. (2021). Teaching style, learning motivation, and learning achievement: Do they have significant and positive relationships? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.33770

Chairunnisa, C., & Rismita, R. (2022). Educational challenges for children with special needs in inclusive primary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.39722

Efendi, M., Malang, U. N., Pradipta, R. F., Malang, U. N., Dewantoro, D. A., Malang, U. N., Ummah, U. S., Malang, U. N., Ediyanto, E., Malang, U. N., Hanafi, M., & Yasin, M. (2022). Schools. 15(2), 967–980.

Fajri, C. (2020). Teacher’s emphatic communication to improve learning motivation of special needs students. International Journal of Communication and Society, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.77

Jaya, H., Haryoko, S., Saharuddin, Suhaeb, S., Sabran, & Mantasia. (2018). Life Skills Education for Children with Special Needs in order to Facilitate Vocational Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012078

Kholis, K. U., & Kustiyono, K. (2020). Enhancing Learning Motivation of Students with Special Needs Using Learning Video. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/ijcets.v8i1.16265

Mufidah. (2018). Training of Handicraft Skills for Children With Special Needs At Bina Siwi Orphanage Pajangan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kriya , 7, 2.

Nabiilah, N. A., Mahmudah, S., & Anggraeny, D. (2023). Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 167–172. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2408

Ramadhanty, N. H., & Mufida Istati, M. P. (2022). Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunadaksa Di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Al-Kamilah: Jurnal Bimbingan …, 2, 1–13. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jbkpi/article/view/8666%0Ahttp://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jbkpi/article/viewFile/8666/3321

Rositas, Helen Fitriani, Aat Muslihat, & Imam Tabroni. (2023). Psychological Dynamics of Parents: Educational Adaptations of Children with Special Needs in Schools and Homes. International Journal of Integrative Sciences, 1(3), 99–110. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i2.3090

Setiawan, A., Manaricha, A., Margosetiyowati, D. Y., & Ika Marini, N. M. (2023). Motivation as A Stimulus for Developing Self-Confidence in Children with Special Needs. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 7(3), 426. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.680

Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. The Explora, 8(2), 14–27. https://doi.org/10.51622/explora.v8i2.642

Sobarna, C. (2018). Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Metahumaniora, 8(2), 213. https://doi.org/10.24198/mh.v8i2.20697

Usra, Z., Fadilah, B. N., Anti, A. N., & Lidyananda, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Ganda Daya Ananda Pendahuluan. 17–23.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407

Most read articles by the same author(s)