Enhancing Learning Motivation of Special Needs Children through Arts and Skills Approaches
Main Article Content
Abstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam kehidupan anak, yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan melalui pembelajaran di kelas. Motivasi adalah faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan, yang secara signifikan mempengaruhi kinerja siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Di Indonesia, kebijakan pendidikan inklusif memastikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana keterampilan kreatif dapat meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Pagaruyung. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengamati interaksi kelas dan mewawancarai guru untuk memahami metode dan tantangan pengajaran yang efektif. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan kreatif, seperti kerajinan tangan dan puisi, secara signifikan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri pada siswa berkebutuhan khusus. Guru memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan memelihara bakat siswa melalui dukungan berkelanjutan dan penguatan positif. Studi ini menekankan pentingnya pendekatan pengajaran yang inovatif dan lingkungan belajar yang mendukung dalam menumbuhkan motivasi dan pertumbuhan pribadi di antara anak-anak berkebutuhan khusus. Wawasan ini berkontribusi untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk pendidikan inklusif, memastikan semua anak dapat mencapai potensi penuh mereka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Atma, B. A., Azahra, F. F., & Mustadi, A. (2021). Teaching style, learning motivation, and learning achievement: Do they have significant and positive relationships? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.33770
Chairunnisa, C., & Rismita, R. (2022). Educational challenges for children with special needs in inclusive primary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.39722
Efendi, M., Malang, U. N., Pradipta, R. F., Malang, U. N., Dewantoro, D. A., Malang, U. N., Ummah, U. S., Malang, U. N., Ediyanto, E., Malang, U. N., Hanafi, M., & Yasin, M. (2022). Schools. 15(2), 967–980.
Fajri, C. (2020). Teacher’s emphatic communication to improve learning motivation of special needs students. International Journal of Communication and Society, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i1.77
Jaya, H., Haryoko, S., Saharuddin, Suhaeb, S., Sabran, & Mantasia. (2018). Life Skills Education for Children with Special Needs in order to Facilitate Vocational Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012078
Kholis, K. U., & Kustiyono, K. (2020). Enhancing Learning Motivation of Students with Special Needs Using Learning Video. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/ijcets.v8i1.16265
Mufidah. (2018). Training of Handicraft Skills for Children With Special Needs At Bina Siwi Orphanage Pajangan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kriya , 7, 2.
Nabiilah, N. A., Mahmudah, S., & Anggraeny, D. (2023). Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 167–172. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2408
Ramadhanty, N. H., & Mufida Istati, M. P. (2022). Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunadaksa Di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Al-Kamilah: Jurnal Bimbingan …, 2, 1–13. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jbkpi/article/view/8666%0Ahttp://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jbkpi/article/viewFile/8666/3321
Rositas, Helen Fitriani, Aat Muslihat, & Imam Tabroni. (2023). Psychological Dynamics of Parents: Educational Adaptations of Children with Special Needs in Schools and Homes. International Journal of Integrative Sciences, 1(3), 99–110. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i2.3090
Setiawan, A., Manaricha, A., Margosetiyowati, D. Y., & Ika Marini, N. M. (2023). Motivation as A Stimulus for Developing Self-Confidence in Children with Special Needs. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 7(3), 426. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.680
Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. The Explora, 8(2), 14–27. https://doi.org/10.51622/explora.v8i2.642
Sobarna, C. (2018). Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Metahumaniora, 8(2), 213. https://doi.org/10.24198/mh.v8i2.20697
Usra, Z., Fadilah, B. N., Anti, A. N., & Lidyananda, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Ganda Daya Ananda Pendahuluan. 17–23.
Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407